Rabu, 07 Juni 2017

Tradisi Pasar Bandeng

Ada satu tradisi yang sudah berumur ratusan tahun dan masih lestari hingga kini di daerah Gresik, yaitu Pasar Bandeng. Tradisi ini diadakan di akhir bulan Ramadhan, biasanya berlangsung selama dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya. Konon kebiasaan mengadakan pasar ini merupakan warisan dari Sunan Giri. Kala itu, sang wali menggiatkan penjualan bandeng untuk mengangkat perekonomian masyarakat Gresik. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Surabaya ini memang memiliki letak yang dekat dengan Pantai Utara Pulau Jawa sehingga menjadi salah satu pusat tambak udang dan bandeng di Jawa Timur.

Pasar Bandeng

Ikan bandengnya kebalik mas
Bagi masyarakat Gresik, bandeng merupakan menu yang wajib disajikan ketika Lebaran tiba. Katanya ada yang kurang kalau di meja makan tidak ada bandeng. Bahkan bagi beberapa orang, menyajikan bandeng dengan ukuran besar merupakan suatu prestise. Jadi tak heran kalau Pasar Bandeng yang diadakan setiap tahun selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai kalangan.
Pasar Bandeng yang digelar selama dua hari mengambil tempat di depan Pasar Gresik hingga perempatan Teratee – Kalitutup. Saat pasar dimulai dari sore hingga malam hari, semua jalan di kawasan ini akan ditutup. Berpuluh-puluh ton bandeng pun siap dijual. Ukuran bandeng yang dijajakan bervariasi dari puluhan ons hingga puluhan kilogram per ekornya. Harganya pun tentu beragam, tergantung ukuran ikannya dan tentu saja kesepakatan tawar-menawar antara pedagang dan pembelinya.
Selain komoditas bandeng, pasar tahunan ini juga mengakomodasi pedagang barang-barang keperluan sehari-hari. Beragam barang, mulai dari mainan anak hingga pakaian menyambut Lebaran juga dapat kita jumpai. Tempatnya agak terpisah dari para pedagang bandeng yang mendapatkan tempat utama. Di malam terakhir, pasar ini akan semakin ramai pengunjung.
Pedagang ikan bandeng
tradisi pasar bandeng gresik 002
Tawar-menawar menentukan harga
Ikan bandeng super
tradisi pasar bandeng gresik 005
Keramaian di Pasar Bandeng

Lelang Bandeng

Selain keramaian Pasar Bandeng, Pemkab Gresik juga mengadakan Lelang Bandeng yang dimaksudkan agar semua masyarakat bisa mendapatkan ikan bandeng. Lelang ini diadakan di Telogo Dendo. Acara dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Gresik. Walaupun bertajuk acara lelang, namun pemerintah telah menetapkan batas bawah dan batas atas atas penawaran sebesar Rp 25.000 dan Rp 75.000. Pembatasan ini untuk menjaga agar harga bandeng yang dilelang tidak melambung. Jika sampai terjadi, tentu saja masyarakat kecil tidak akan mampu melakukan penawaran. Konon dulu harga ikan bandeng di acara lelang bisa mencapai jutaan rupiah per ekornya.
tradisi pasar bandeng gresik 007
Bandeng-bandeng super yang akan dilelang
tradisi pasar bandeng gresik 008
Para pemenang lelang
tradisi pasar bandeng gresik 006
Para pemenang lelang juga
Lelang dibagi menjadi beberapa gelombang. Di sela-sela setiap sesi lelang, panitia juga mengadakan kuis berhadiah ikan bandeng. Uniknya yang ikut lelang dan kuis bukan hanya orang dewasa saja tetapi juga anak-anak kecil. Jadilah acara Lelang Bandeng semakin meriah dengan tingkah lucu mereka di atas panggung.

0 komentar:

Posting Komentar